Kena Demam Berdarah

26 Nov

Puji Tuhan untuk kesembuhan yang telah saya alami dari penyakit Demam Berdarah selama 10 hari kemaren ini. Terima kasih untuk teman2 dan saudara2 yang telah datang berkunjung memberikan doa dan perhatian kepada saya selama saya dirawat di Rumah Sakit.

Siapa sangka cuma dengan satu gigitan nyamuk duit 23 juta bisa melayang. Kalo tidak sembuh, tidak cuma duit, nyawapun bisa ikutan melayang dan kalo urusan nyawa melayang, efek dominonya bisa kemana-mana tuh. Syukurlah kemaren ini semua biaya saya ditanggung asuransi Sequis Life, jadi saya bisa fokus ke penyembuhan tanpa harus khawatir mengenai masalah keuangan.

Penyakit Demam Berdarah yang saya alami berawal dari Demam yang tidak kunjung turun selama 3 hari, suhu tubuh selalu diatas 39 derajat. Udah pake antibiotik, ngga juga mau turun suhunya. Mulut pun mulai terasa pahit, kepala kadang2 sakit, tubuh sedikit terasa ngilu namun pindah2 sakitnya kadang di punggung kadang di lutut kaki, tidak jelas sakitnya dimana.

Hari ketiga kita lakukan tes darah di Lab Bio Medika. Tes darah lengkap, beserta hapus tenggorok, juga tes untuk demam berdarah dan tipus dilakukan. Hasilnya positif untuk demam berdarah, negatif untuk tipus. Langsung deh pulang ke rumah, beres2 baju, langsung menuju RS Grha Kedoya.

Kita buru2 ngungsi ke RS krn takutnya kedua anak yg masih balita di rumah bisa tertular kalo ada nyamuk yg kebetulan gigit saya nanti gigit mereka juga.

Setibanya di RS, ibu dan adik perempuan saya membantu mendaftarkan saya, lalu diminta ketemu dokter spesialis penyakit dalam agar selanjutnya bisa dibantu untuk rawat inap di RS tsb. 18 November 2015 saya berjodoh dengan seorang dokter penyakit dalam, dr. Eny Srijati Karjono, Sp.PD, yang kebetulan sedang praktek malam itu. Melalui pertolongan beliau, dimulai lah petualangan saya menginap 7 hari di RS Grha Kedoya, Jakarta Barat.

Dari ruangan dokter spesialis, saya dianter dengan kursi roda ke ruangan IGD. Disana ada dr. Ricky yang ngecek hasil lab saya sebelumnya, ada juga suster pria yg mulai memasangkan jarum untuk infus di tangan kiri juga mengambil darah untuk tes lab lebih lanjut di tangan kanan, ada juga bagian asuransi dari RS Grha Kedoya yang membantu administrasi rawat inap.

Saya diminta tanda tangan satu lembar pernyataan mau dirawat, lalu kartu asuransi Sequis saya dipinjam untuk digesekkan dan keluar kertas dari mesin EDC yg memberikan pernyataan persetujuan limit kamar  juga manfaat kesehatan Sesuai Tagihan. Tidak ada Uang Muka yg diminta, hanya kartu asuransinya dipinjam sbg jaminan.

Tidak lama, saya didorong bersama ranjangnya ke kamar VIP yang sudah saya pesan. Setibanya di kamar, datang dr. Rudy, katanya dokter jaga untuk malam itu. Halo2 perkenalan dokter Rudy dihargai 120rb untungnya hanya dikenakan 1x selama tinggal disana.

Untuk 7 hari berikutnya, rutinitas saya adalah ambil darah jam 6 pagi, lalu dokter visit, makan2 minum2 yang banyak dan tidur istirahat yang cukup.

Trombosit diawasi setiap hari. Selain makan obat dokter, keluarga juga bawain obat Fufang Ejiao yang bagus buat menaikkan trombosit katanya. Dibawain juga air rebusan obat cina Angkak, juga air kelapa hijau asli, masih juga minum air putih berbotol2. Rasanya onta juga kalah jumlah minumnya dibanding saya pas masuk RS kmrn ini.

Saat masuk trombosit saya 140 ribu dimana normalnya 150 ribu. Lalu hari-hari berikutnya mulai turun ke 117rb, 101rb, 73 rb.

Di saat trombosit 73 rb, kedua telapak tangan dan telapak kaki saya tiba2 memerah kayak kepiting rebus dan sangat gatal sekali, seakan2 ada ribuan atau jutaan semut berkerumun dan menggigiti kedua telapak tangan dan telapak kaki. Saya baca2 di internet, ada bbrp orang yang memang mengalami hal yg serupa dan tidak lama mereka sembuh.

Karena merah2 itu, dokter menyarankan saya di tes campak dan hasilnya menunjukkan Anti Rubela IgG +51 sedangkan Anti Rubela IgM -0.17. Artinya saya pernah kena campak dulu, dan sekarang tubuh sudah memiliki anti campak sendiri. Saat ini tidak ada campaknya. Berarti merah2 gatal itu bukanlah campak.

Harap2 cemas, besoknya hasil tes darah menunjukkan leukosit dari 1700 naik menjadi 2300, trombosit hanya naik 1000 jadi 74ribu. Nah….bener nih berarti kaki tangan gatel udah mau sembuh. Telapak kaki dan tangan masih terus gatal sepanjang hari. Dokter kasih obat minum dan salep, tidak terlalu berpengaruh.

Hari berikutnya lagi, trombosit mulai naik ke 98ribu, gatal2 di tangan dan kaki masih terasa tapi udah tidak semerah sebelumnya. Besok sudah boleh pulang kata Dokter Hendro Budijono, Sp. PD; suaminya dr. Eny, namun ortu saya melarang, tunggu sampai trombositnya normal kata mereka.

Besoknya trombosit tambah naik lagi ke 129 ribu, gatal2 di tangan dan kaki masih terasa tapi sudah berkurang jauh gatalnya. Saat dokter Eny berkunjung dikasih cerita bahwa konon emang ada mitos tidak bagus keluar dari RS hari Selasa atau Sabtu. Syerem deh ceritanya, jadi percaya aja deh.

Kemaren, saat hasil trombosit sudah 205ribu, saya boleh pulang. Jam 10.57 setelah visit terakhir dokter dan tutup tagihan, dari RS dikirimkan ke Sequis – Admedika, kurang dari 15 menit jam 11.11 Admedika langsung membalas dengan rincian biaya apa yg dicover dan tidak dicover. Saya tinggal tanda tangan di selembar kertas rincian biaya yg dicover dan tidak dicover, langsung  abis itu bisa pulang. Banyak orang mengeluh lama untuk keluar dari RS tapi syukurlah hal itu tidak saya alami kemaren ini.

Syukur juga pas sakit SUDAH punya asuransi Sequis yang memberikan manfaat sesuai tagihan. Biaya RS sebesar 23 juta, semuanya dicover kecuali excess biaya administrasi sebesar 750ribu. Ngga tau kenapa mahal bener tuh, biaya admin aja sampe 1.2jt, Sequis udah cover 500ribu jadi kita bayar sisanya. Yah bersyukur aja deh udah sembuh, semua dicover mulai dari kamar, obat2an, biaya dokter, infus, dll.

VIP di RS Grha Kedoya 1.250.000/malam, termasuk 1 tas amenities, peminjaman Handuk mandi, piyama ganti setiap hari, ganti sprei kasur dan sarung bantal setiap hari, makan pagi-siang-malam , masih ditambah snack 3 x sehari, cleaning service 3 x sehari (pagi siang malam), suster yang super gesit begitu dipencet tombol langsung datang ga pake lama. Fasilitas dan pelayanan sangat memuaskan.

Sekian pengalaman saya kena demam berdarah dan memakai fasilitas cashless asuransi kesehatan Sequis di RS Grha Kedoya, Jakarta Barat.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: