Asuransi Whole Life

11 May

Saya lihat sudah ada banyak yang menjelaskan mengenai macam-macam jenis asuransi dan saya pun pernah menjelaskannya cuma dalam bahasa inggris waktu itu.

Disini saya hanya ingin berbagi pengetahuan lebih detail mengenai produk asuransi whole life yang selama ini mungkin banyak orang belum pernah dengar atau masih bingung, jenis asuransi apalagi itu, krn selama ini taunya hanya asuransi unit link.

Asuransi Whole Life, sangat populer di negara2 seperti Jepang, Amerika dan Eropa; produk ini sangat menguntungkan jika dibeli oleh kaum muda (usia 1-65 tahun). Selain memiliki unsur tabungan dengan bunga yang cukup menarik, bukan termasuk objek pajak dan dijamin oleh Pemerintah melalui Undang-Undang. Produk ini menarik bagi para kaum muda karena selain memberikan manfaat perlindungan seumur hidup (sampai tertanggung berusia 100tahun); apabila tertanggung hidup sampai usia 100tahun maka ia akan menerima kembali uang tunai sejumlah Uang Pertanggungan yang dia beli. Anda mungkin sering lihat orang Asuransi bilang Uang Kecil beli Uang Besar, produk inilah yang dimaksud.

Apa sih keunggulan produk tradisional seperti ini jika dibandingkan dengan produk asuransi yg sekarang banyak dikenal (unit link)?

Perbedaan mendasar adalah produk ini memberikan Nilai Tunai Dijamin (yang nilainya meningkat seiring dengan usia, sampai batas maksimum sejumlah UP yg dibeli), sedangkan unit link menawarkan Nilai Investasi (yg nilainya bisa naik ataupun turun, tergantung dari performa pasar saham unit link yg dipilih).

Oleh karena perbedaan mendasar tersebut maka secara otomatis perbedaan lainnya adalah TIDAK ADAnya potongan biaya2 pada produk asuransi Whole Life, seperti :
1. Biaya Akuisisi
2. Biaya Administrasi Bulanan
3. Biaya Manajemen Investasi
4. Biaya Asuransi Jiwa Bulanan
5. Biaya Peralihan (Switching)
6. Biaya Penarikan (Wihdrawal)
7. Biaya Lain-lain

Nah kalo sudah bahas keunggulannya, kekurangannya apa? Ada plus pasti ada minus dong.

Nah yang mungkin dianggap kekurangan bagi banyak agen mungkin ini : Produk Asuransi Whole Life tidak seperti Produk Asuransi Unit Link yang bisa memberikan Nilai Pengembalian Lebih daripada Uang Pertanggungan yang dibeli. Jadi, kalo beli Unit Link anda bisa lihat Estimasi Nilai Investasi sampai beratus-ratus juta bahkan bermilyar-milyar sampai trilyunan hanya dengan membayar 10 tahun misalnya; pada produk Asuransi Whole Life, nilai uangnya paling maksimal adalah sebesar Uang Pertanggungan.

Pada Asuransi Unit Link, kepastian akan keberlangsungan Rencana Perlindungan Keluarga Anda tergantung dari beberapa faktor penting diantaranya adalah nilai unit yg naik turun dan besarnya potongan biaya2 dimana beberapa biaya bahkan ikut meningkat seiring usia. Kalau nilai unit investasi sudah tidak mencukupi maka ada kemungkinan kontrak polis akan berakhir. Dimana berarti berakhir pula perlindungan yang direncanakan buat keluarga Anda.

Pada Asuransi Whole Life, keberlangsungan perlindungan keluarga Anda tergantung dari pelunasan premi yang masa bayarnya sesuai dengan kontrak asuransi. Kalo tidak dilunasi maka ada kemungkinan polis akan berakhir dan berakhir jugalah perlindungan yang direncanakan buat keluarga Anda.

Bagi seorang kepala keluarga/pencari nafkah yang sedang mencari asuransi perlindungan untuk keluarga, Asuransi Whole Life bisa menjadi solusi yg tepat buat Rencana Perlindungan Keluarga Anda. Terutama bagi keluarga muda.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Steviani CPA, CFP®

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: